Pasang Instalasi Water Heater Solahart

Instalasi Pipa Pemanas Air Tenaga Surya Solahart Solar Water Heater

Jasa Pemasangan Instalasi/Plumbing Pipa Air Panas Solahart Solar Water Heater Terbaik dan Telah Terpercaya di Depok,Jakarta,Bogor,Bekasi,Tangerang

PADA musim hujan mungkin Anda ingin sekali mandi air hangat. Temperatur air yang hangat kuku menjadikan mandi di musim dingin itu nikmat badan tidak akan menggigil ketika air mengguyur sekujur tubuh.

Kita mengenal banyak cara menyediakan air hangat untuk mandi. Cara konvensional : rebus air hingga mendidih, tuang air panas itu ke dalam bak mandi dan campur dengan air dingin hingga cukup hangat. Pada rumah modern, cara ini mulai ditinggalkan karena tidak praktis.

Solusi lain: pasang pemanas air wika pada instalasi pipa air bersih di rumah. Sistem ini mempercepat upaya penyediaan air hangat untuk mandi atau mencuci sekaligus. Jika ingin memperoleh air hangat untuk mandi atau mencuci, Anda pun cukup membuka keran. Air hangat langsung mengucur cara inilah yang lebih cepat dan praktis, bukan?

Jika Anda ingin memasang instalasi pipa air panas untuk rumah tinggal, ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan. Biasanya yang menjual alat pemanas air ini berikut jasa pemasangan nya namun, Anda dapat mengawasinya dan memilih alat atau pipa yang terbaik.

#Kiat Memasang Pipa Air Panas Yang Tahan Lama dan Kuat

Sebaiknya instalasi pipa air panas dipasang bersamaan waktu dengan memasang instalasi pipa air bersih atau saat pembangunan rumah. Berikut 4 kiat agar mendapatkan hasil terbaik:

  • Tentukan titik keran air panas.

Penentuan titik ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya air panas dibutuhkan di kamar mandi,dapur, dan wastafel. Setelah itu tentukan pula lokasi alat pemanas air. Tahap ini penting untuk menghitung kebutuhan pipa instalasi air dan menentukan jalur instalasi nya.Untuk menekan biaya,tentukan jalur/jarak terpendek antara titik keran dengan mesin pemanas air.

  • Tentukan model alat pemanas air

Memilih alat pemanas sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.Jika hanya untuk keperluan mandi dan wastafel, cukup pilih tangki yang berkapasitas 10 liter. Alat ini dapat dipasang di dalam kamar mandi sehingga menekan kebutuhan pipa. Kapasitas tangki lebih besar (lebih dari 30 liter) dibutuhkan jika titik keran air panas lebih banyak. Alat ini sebaiknya ditempatkan di luar ruangan terlebih jika Anda memilih pemanas air gas,listrik,pemanas air AWH AC.

  • Memilih material pipa instalasi.

Temperatur air yang tinggi berpotensi merusak beberapa jenis material. Untuk air panas, sebaiknya gunakan material yang tahan panas dan tekanan tinggi. Untuk panas sedang dapat menggunakan pipa PVC. “Ini pun mesti dipilih pipa PVC yang tebal dan kuat. Tapi penggunaan jenis pipa air panas ini tidak jamin akan kuat selamanya,” kata Jamilon, seorang mandor, yang sering mengerjakan instalasi pipa air panas. Menurutnya, yang paling baik adalah menggunakan pipa tembaga khusus instalasi air panas. Pipa tembaga dan pipa ripeng merupakan material yang paling populer diaplikasikan sebagai pipa instalasi air panas. Selain tembaga, masih ada material besi yang lebih tebal dan kuat. Namun,kata Putra Wangsa Konsultan Real Estate, besi memiliki kelemahan juga. “Besi tidak fleksibel. Sambungannya rentan bocor. Bagian dalamnya juga bisa berkarat, sehingga air kotor dan bau,” ujarnya. Ia mengusulkan sebagai penggantinya bisa digunakan pipa jenis PPR Wavin Tigris.

  •  Menghubungkan pemanas dengan instalasi pipa.

Setelah pemanas air terpasang pada dinding untuk pemanas air lisrik dan pemanas air tenaga surya di atap/atas genteng,hubungkan lubang input/output alat mesin pemanas ke instalasi air. Hubungkan lubang input ke pipa instalasi suplay air, sedangkan lubang output (buangan air panas) ke pipa instalasi air panas. Gunakan pipa fleksibel agar lebih praktis dan mudah. Sebaiknya pasang stop keran di antara kedua pipa fleksibel dengan kedua instalasi air.

#Langkah Memasang Instalasi Air Panas

Air panas di kamar mandi kini menjadi salah satu fasilitas yang sering ditemui di rumah-rumah. Namun belum banyak orang yang tahu cara pemasangan instalasi air panas. Nah, beberapa hal berikut ini sebaiknya diperhatikan ketika akan memasang instalasi pipa air panas seperti dikutip dari laman ideaonline. Memasang instalasi pipa air panas tentu berbeda dengan pemasangan pipa biasa. Pasalnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah jenis pipa dan keran yang akan digunakan. Berikut ini lima hal yang harus Anda perhatikan sebelum memasang pipa air panas.

  • Pertama menentukan titik keran,Sebelum membangun instalasi air panas pastikan Anda sudah dapat titik kerannya.Hal ini bertujuan agar Anda bisa tahu seberapa jauh pipanya.
  • Kedua memilih jenis pipa yang tepat.Salah satu jenis pipa yang disarankan adalah pipa berbahan Polyethylene of Raised Temperature Resistance (PERT). Maklum, pipa jenis ini memiliki bobot yang lebih ringan. Selain itu, pipa jenis ini juga tahan hingga suhu 96 derajat celsius.
  • Ketiga, menentukan diameter pipa.Pasalnya,ukuran pipa memengaruhi kecepatan aliran air panas. Sebagai pedoman, standar minimum untuk pipa di bathtub adalah 25 milimeter. Sementara itu, pipa untuk bak mandi, shower, dan sink adalah 15 milimeter.
  • Keempat memilih tipe alat pemanas yang tepat.Sebagai informasi ada dua tipe alat pemanas air yang bisa Anda pilih. Pertama adalah alat pemanas air terintegrasi atau paralel yang membutuhkan pipa yang lebih panjang. Alat pemanas jenis ini biasanya membuat air yang sudah panas menjadi dingin kembali. Sementara itu, alat pemanas jenis tunggal memiliki fungsi sebaliknya.
  • Kelima memeriksa keran pengatur aliran air.Caranya adalah dengan stop keran sebelum pipa tersambung dengan input air bersih dan output air panas. Jika alat pemanas macet, Anda tak perlu mematikan air dari sumbernya.

daftar harga pipa pemanas air/air panas

Instalasi Pipa Pemanas Air Solahart

Sebagai pelengkap pemasangan solahart solar water heater agar dapat berfungsi dengan maksimal, dibutuhkan beberapa perlengkapan untuk penyaluran kebutuhan alat pemanas air,mulai dari pipa khusus air panas,pipa air dingin hingga kabel listrik tambahan, CV. Alharsun Indo dalam hal ini sudah melayani pemasangan dan instalasi lengkap hingga air panas yang didapatkan maksimal, adapun pengerjaan yang dilakukan tidak hanya dalam lingkaran Rumah Tinggal / Residensial melainkan project project besar seperti Rumah Sakit, Hotel, SPA dan SAUNA, dll. Adapun instalasi – instalasi pelengkap pemasangan WIKA SWH tersebut meliputi :

  1. PIPA AIR PANAS (Plumbing)

Instalasi pemasangan pipa air panas terdapat pada konstruksi bangunan baik dalam tahap renovasi ataupun bangunan awal (dapat ditanam atau terlihat diluar ruangan), Pipa air panas ini berfungsi sebagai media distribusi air panas dari alat pemanas air ke titik titik pemakaian. Pipa air panas ini tidak sama dengan pipa kebanyakan, karena ketahanan pipa yang dibutuhkan adalah sangat kuat dan higienis, teknologi saat ini menyarankan para pengguna air panas untuk menggunakan pipa berbahan Polyphropeline Random (PPR) yang sangat tahan akan panas sehingga meminimalisasi heat loss dari panas Solar Water Heater maupun pemanas air jenis lain.Dan juga pipa air panas Rifenk,Tembaga.

  1. PIPA AIR DINGIN

Pipa air dingin sebagai media penyaluran sirkulasi  kebutuhan air bersih hanya digunakan mulai dari sumber air hingga ke alat pemanas air solahart

  1. POMPA DORONG

Dalam ruang lingkup solahart solar water heater pompa dorong sangat dibutuhkan apabila peletakan unit pemanas air lebih tinggi daripada sumber air yang berada pada water toren, hal ini dikarenakan agar air bersih yang masuk kedalam unit solahart dapat tersirkulasi dengan maksimal, selain itu air panas pun dapat keluar dengan deras dan kencang sehingga dirasakan sangat nikmat oleh pengguna air panas. Adapun Pompa dorong yang dibutuhkan 100-125 Watt saja.

  1. KABEL LISTRIK

Instalasi tambahan ini berfungsi sebagai “back up” panas yang menggunakan Listrik,pada dasarnya pemanas air tenaga matahari memiliki back up listrik sebagai tenaga pemanas cadangan, sehingga dibutuhkan tambahan kabel listrik hingga ke MCB.

  1. RANGKA DUDUKAN / RIG BESI SIKU(BRACKET)

Rangka dudukan merupakan instalasi tambahan untuk menopang unit solahart apabila lokasi di genteng tidak memungkinkan ataupun permintaan khusus dari konsumen, adapun rangka dudukan ini dapat di modifikasi sesuai jenis proyek di lapangan, artinya dalam kondisi bagaimanapun solahart dapat dipasang di rumah tinggal.

Solahart Solar Water Heater adalah pemanas air dengan sistem sirkulasi air dingin menjadi air panas dengan energi matahari yang bekerja terus-menerus.Dengan sistem seperti ini akan ada faktor teknis yang akan menghambat kinerja dalam pemanasannya.Yaitu penumpukan korosi oleh air sehingga kadang bisa tersumbat dan air panas tidak keluar.Oleh karena itu kami merekomendasikan untuk melakukan service berkala.